Vita Yoviana

Procedure pada dasarnya sebuah program yang ditulis dalam bahasa transact SQL yang di simpan dalam yang di simpan dalam database SQL server. Procedure dibentuk dari perintah, variabel, serta alur logic yang terdapat pada SQL.
Prosedure Tersimpan sangat bermanfaat pada lingkungan client-server, baik untuk meningkatkan kinerja maupun untuk pemeliharaan. Karena satu prosedur dapat digunakan oleh beberapa program, pengelolaan system dapat lebih mudah karena satu perubahan akan segera di refleksikan kepada semua user.

Sintaks :
CREATE PROCEDURE procedure_name AS
Begin
….
End

Contoh :
Create procedure select_mhs(@angkatan as numeric, @StatusLulus as bit)
As Begin
Select * from mahasiswa
Where angkatan=@angkatan and StatusLulus=@StatusLulus
end

Untuk menjalankan procedure, buka Query Analyzer dan ketik exec nama_procedure, apabila procedure yang ingin dijalankan mempunyai parameter, maka setelah nama procedure, sertakan nilai parameternya.
Contoh :
Exec select_mhs 2004,0


Kita juga dapat merubah prosedur dengan menggunakan perintah alter procedure yang diikuti dangan nama procedure tersebut dan perubahan yang di butuhkan
Contoh :
Alter Procedure select_mhs (@angkatan as numeric, @statusLulus as bit, @dosenPA as nVarchar(50))
as
Begin
Select*from mahasiswa
Where angkatan=@angkatan And StatusLulus=@statuslulus and DosenPA=@ dosenPA
END

Procedure dapat dihapus dengan menggunakan perintah Drop procedure seperti yang di tunjukan di bawah ini, atau dapat pula melalui enterprise manager. Untuk menghapus sebuah procedure, pilih lah nama procedure pada panel detail, lalu tekan del, atau gunakan atau gunakan menu delete pada klik kanan.
Contoh : Drop Procedure select_mhs

0 Responses

Posting Komentar